Minggu, 13 Februari 2011

SEJARAH VB .NET


Microsoft Visual Basic .NET adalah sebuah alat untuk mengembangkan dan membangun aplikasi yang bergerak di atas sistem .NET Framework, dengan menggunakan bahasa BASIC. Dengan menggunakan alat ini, para programmer dapat membangun aplikasi Windows Forms, Aplikasi web berbasis ASP.NET, dan juga aplikasi command-line. Alat ini dapat diperoleh secara terpisah dari beberapa produk lainnya (seperti Microsoft Visual C++, Visual C#, atau Visual J#), atau juga dapat diperoleh secara terpadu dalam Microsoft Visual Studio .NET. Bahasa Visual Basic .NET sendiri menganut paradigma bahasa pemrograman berorientasi objek yang dapat dilihat sebagai evolusi dari Microsoft Visual Basic versi sebelumnya yang diimplementasikan di atas .NET Framework. Peluncurannya mengundang kontroversi, mengingat banyak sekali perubahan yang dilakukan oleh Microsoft, dan versi baru ini tidak kompatibel dengan versi terdahulu.

SEJARAH VB.NET

Visual Basic versi sebelumnya yaitu Visual Basic 6 diluncurkan oleh Microsoft pada tahun 1998. Kemudian setelah beberapa tahun, Microsoft memaparkan pengembangan Microsoft .Net dalam PDC (professional Developers Confrence) di Orlando, Florida, America Serikat pada bulan Juli 2000.

Setelah melalui masa pengembangan yang cukup lama dan juga diluncurkan versi beta maka pada bulan Februari 2002 secara resmi Microsoft merilis VS.Net dimana salah satu bahasa pemrogramannya adalah VB.Net.

Setahun setelah VS.Net diluncurkan, Microsoft merilis VS.Net 2003 yang memperbaiki performa dan aspek keamanan dari VS.Net versi sebelumnya. Pada VS.Net 2003 digunakan teknologi .Net Framework 1.1 yang baru

Sumber : 

  1. Drs.Ario Suryo Kusumo, 2004.Visual Basic.Net versi 2002 dan 2003.PT Elex Media Komputindo.Jakarta
  2. wikipedia.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar