Rabu, 19 November 2014

ASCII

ASCII (pengertian, penjelasan serta contohnya)


Take It Easy dan Enjoy The Show... !!!
Sebelum memulai sesuatu sebaiknya kita mengerti maksud dari apa itu ASCII. Sudah banyak website yang menerangkan dan menjelaskan tentang ASCII tapi kadang kita masing bingung dan bahkan gak ngerti sama sekali. Sekali lagi saya jelaskan bahwasannya ASCII itu adalah :


Kode Standar Amerika untuk Pertukaran Informasi atau ASCII (American Standard Code for Information Interchange) yang dalam artian bahasanya ASCII merupakan suatu standar internasional dalam kode huruf dan simbol seperti Hex dan Unicode tetapi ASCII lebih bersifat universal. sebenarnya ada banyak symbol pertukaran informasi / kode - kode lainnya selain ASCII tapi ASCII ini yang banyak digunakan karena sifatnya yang universal dan banyak dipakai oleh berbagai macam orang.
Contoh ASCII : contohnya 124 adalah untuk karakter "|". Ia selalu digunakan oleh komputer dan alat komunikasi lain untuk menunjukkan teks Kode ASCII sebenarnya memiliki komposisi bilangan biner sebanyak 7 bit. Namun, ASCII disimpan sebagai sandi 8 bit dengan menambakan satu angka 0 sebagai bit significant paling tinggi.

Adapun tabel yang biasanya ditampilkan adalah sebagai berikut : 
Ketika kita melihat tabel yang diatas kita hanya terpaku oleh urutan dari atas sampai bawah tapi sebenernya kita bisa menghafal karena semua itu memiliki pola yang sederhana, dengan tabel berikut kita bisa menghafal dengan mudah antara lain sebagai berikut :

Dengan tabel diatas kita bisa melihat kolom berapa dan bari berapa, cukup mudah diingatkan ?? misal huruf 'A' itu kolom ke 4 dan baris ke 1 maka ASCIInya 100-0001 kenapa hanya tujuh digit?? kita hanya perlu menambah satu 0 didepannya maka A = 0100 0001. 

Oke, See You Next Time... :P 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar