Jumat, 23 Januari 2015

Struktur Program Pascal


Pemrograman Pascal merupakan pemrograman yang sederhana dan bisa dijadikan awal dalam pembelajaran pemrograman. aplikasi dari bahasa pascal itu sendiri ada banyak macamnya, ada turbo pascal ada juga aplikasi lainnya. 
disini akan membahas dasar dalam pemrograman pascal itu sendiri :

Struktur program pascal yang paling sederhana adalah seperti ini:
uses ...;
var ...;
begin
.... {Your program is here}
end.


Adapun struktur program pascal yang kompleks adalah sebagai berikut :
program ... ; { Program heading }
uses ... ; { Uses clause }
label ... ; { Labels }
const ... ; { Constants }
type ... ; { Types }
var ... ; { Variables }
procedure ... ; { Procedures }
function ... ; { Functions }
begin
statement; { Statements }
...
end.
Penjelasan:
- Program heading
Judul program dalam Turbo Pascal bersifat optional dan tidak ada pengaruhnya dalam program.Jika dituliskan memberikan nama program.
Contoh :
Program Penjumlahan;

- Uses clause
Uses adalah sintak program yang digunakan untuk memanggil library atau *unit*.Crt / Wincrt adalah salah satu library yang paling banyak digunakan didalam program Pascal. Masih banyak lagi library yang disediakan oleh program pascal. Dengan library ini Compiler dapat mengetahui library yang diperlukan.
Contoh:
Uses wincrt;

- Declaration
Bagian ini meliputi deklarasi untuk Labels, Constants, Types, Variables, Procedures, Functions.Syarat terpenting dalam pembentukan suatu program adalah, bahwa setiap variabel, type non-standard, label, procedure non-standard, serta function non-standard yang dipakai didalamnya harus dinyatakan (deklarasi) terlebih dahulu pada bagian deklarasi.
Contoh:
var a, b, c : real;
- Statements
Bagian ini merupakan inti dari program. Seluruh perintah dan urutannya serta proses Input/Output dalam program perlu disusun secara teratur oleh penyusun program. Segala yang adapadabagian uses maupun deklarasi merupakan pendukung terhadap isi program. Bagian ini diawali dengan kata begin dan  diakhiri dengan kata end.
Untuk membuat program anda menjadi mudah dibaca dan dimengerti, maka perlu diberi keterangan yang akan diabaikan oleh kompiler. Untuk membuat keterangan gunakan tanda kurawal { ini adalah keterangan }.
Contoh:
var a, b, c : real; {ini adalah deklarasi}
Pascal menyediakan perintah Write dan Writeln yang dapat dan digunakan untuk menampilkan tulisan kelayar.Perbedaan dari kedua buah prosedur ini hanyalah terdapat pada posisi kursornya.Pada prosedur Write kursor akan berada di belakang teks yang dituliskan. Sedangkan pada prosedurWriteln, setelah menuliskan teks maka posisi kursor akan dipindahkan kebaris berikutnya. Perintah Readln dapat digunakan untuk membaca masukan dari pemakai dan menyimpannya kesuatu variabel.

Contoh program bahasa pascal yang paling sederhana adalah menampilkan suatu kalimat dilayar, contoh coding-nya seperti ini:

1
2
3
4
5
6
7
program selamat_datang;
uses wincrt;
begin
writeln ('Selamat datang di pascal')
end.
Hasil programnya ada disini.
Untuk  menentukan  jumlah  tempat sebelum decimal dan sesudah decimal anda dapat menggunakan  x:y setelah variabel yang akan dibatasi pencetakan nilainya, dimana x adalah jumlah tempat sebelum decimal  dan y adalah jumlah tempat setelah desimal. Silahkan coba coding berikut :

1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
program menghitung_phi;

uses wincrt;

var phi : Real;

begin
writeln('MENGHITUNG NILAI PHI');
writeln('=====================');
phi := 22/7;
writeln('Bilangan Phi adalah ', phi);
writeln('atau');
writeln('Bilangan Phi adalah ', phi:2:3);
end.

 Sekian penjelasan dari saya, semoga bisa bermanfaat untuk pada junior programing...!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar